LayananBusiness

Volumetric Cargo

Mengapa Volumetric Cargo Standar Internasional Penting dalam Industri Logistik

Volumetric Cargo Standar Internasional

Mengapa Volumetric Cargo Standar Internasional Penting dalam Industri Logistik

Telah ada adopsi standar volumetric cargo internasional yang penting dalam industri logistik. Pelajari mengapa standar ini diperlukan, manfaatnya, dan bagaimana mereka mempengaruhi pengiriman barang.

Dalam industri logistik, pengiriman barang yang akurat dan efisien adalah faktor kunci dalam menjaga layanan yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Salah satu elemen penting dalam proses pengiriman adalah penilaian dimensi dan berat barang untuk menentukan biaya pengiriman dan penggunaan ruang yang efisien. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang standar Volumetrik cargo internasional yang telah diadopsi dan mengapa hal ini penting untuk industri logistik.

Volumetric Cargo

1. Apa itu Standar Volumetrik Cargo Internasional?

Standar Volumetrik cargo internasional adalah panduan yang disepakati secara internasional yang mengatur perhitungan biaya pengiriman dan penggunaan ruang berdasarkan dimensi dan berat barang. Tujuan standar ini adalah menciptakan keadilan dalam menentukan biaya pengiriman dan memastikan penggunaan ruang yang efisien dalam kendaraan pengiriman.

2. Mengapa Standar Volumetrik Cargo Internasional Penting?

a) Keadilan dalam Penentuan Biaya: Dengan adanya standar volumetric cargo internasional, perusahaan logistik dapat memberikan penentuan biaya pengiriman yang lebih adil kepada pelanggan mereka. Standar ini memastikan bahwa biaya pengiriman didasarkan pada dimensi fisik barang dan beratnya, sehingga tidak ada keuntungan yang tidak adil bagi pelanggan yang mengirim barang dengan dimensi besar tetapi berat ringan.

b) Efisiensi Penggunaan Ruang: Dengan menggunakan standar volumetric cargo internasional, perusahaan logistik dapat memastikan penggunaan ruang yang optimal di dalam kendaraan pengiriman. Penentuan biaya berdasarkan dimensi dan berat barang mendorong pelanggan untuk mengemas barang dengan efisien, menghindari penggunaan ruang yang berlebihan, dan meminimalkan biaya pengiriman.

c) Harmonisasi Global: Adopsi standar volumetric cargo internasional membantu menciptakan harmonisasi dalam industri logistik di seluruh dunia. Hal ini memungkinkan perusahaan logistik untuk memiliki pemahaman yang seragam dan konsisten tentang proses perhitungan biaya pengiriman, terlepas dari negara asal atau tujuan pengiriman barang.

3. Standar Volumetric Cargo Internasional yang Umum Digunakan

a) Volumetric Weight: Volumetric weight atau berat volumetrik adalah metode perhitungan di mana volume barang dikonversi menjadi berat yang setara. Standar yang umum digunakan adalah berat volumetrik = panjang x lebar x tinggi / faktor kubik (biasanya dalam kg/m³). Jika berat volumetrik lebih besar daripada berat aktual barang, maka biaya pengiriman akan didasarkan pada berat volumetrik.

b) Kemasan Berulangkali: Beberapa perusahaan logistik juga mengadopsi standar volumetric cargo yang mempertimbangkan penggunaan ruang untuk kemasan berulangkali. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memperhitungkan efisiensi penggunaan ruang, terutama ketika barang dikemas dengan wadah yang dapat dipakai berulang kali.

c) Standar Industri yang Bersifat Spesifik: Selain standar internasional, ada juga standar yang dikembangkan dan diadopsi oleh industri logistik tertentu. Misalnya, dalam industri pengiriman paket, terdapat standar volumetric cargo yang ditetapkan oleh penyedia layanan pengiriman terkemuka untuk memastikan keseragaman dalam perhitungan biaya pengiriman.

4. Manfaat Adopsi Standar Volumetric Cargo Internasional

a) Penghematan Biaya: Dengan menggunakan standar volumetric cargo internasional, perusahaan logistik dapat menghindari kesalahan penentuan biaya pengiriman yang tidak akurat. Hal ini membantu mengurangi risiko biaya yang berlebihan atau rugi yang mungkin timbul akibat penilaian yang tidak tepat.

b) Efisiensi Operasional: Standar volumetric cargo internasional memotivasi pelanggan untuk mengemas barang dengan efisien dan memilih kemasan yang sesuai untuk mengoptimalkan penggunaan ruang di dalam kendaraan pengiriman. Dengan demikian, efisiensi operasional dapat ditingkatkan dan biaya yang tidak perlu dapat dihindari.

c) Layanan Pelanggan yang Lebih Baik: Adopsi standar volumetric cargo internasional memungkinkan perusahaan logistik untuk memberikan penawaran biaya pengiriman yang adil dan transparan kepada pelanggan. Hal ini menciptakan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dan menghasilkan hubungan bisnis jangka panjang yang kuat.

Standar volumetric cargo internasional memiliki peran yang penting dalam industri logistik. Dengan adopsi standar ini, perusahaan logistik dapat memberikan penentuan biaya pengiriman yang lebih adil, memaksimalkan penggunaan ruang di dalam kendaraan pengiriman, dan menciptakan keharmonisan global dalam industri logistik. Dalam era globalisasi dan e-commerce yang berkembang pesat, penting bagi perusahaan logistik untuk mengikuti dan menerapkan standar ini guna menjaga keunggulan kompetitif dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih efisien.

Baca juga : Hitung Volume Kiriman Udara

Related Articles

Back to top button